6 Manfaat Beri Hadiah Anak untuk Dukung Prestasinya

Manfaat Memberi Hadiah Anak untuk Dukung Prestasinya

Pada usia enam tahun, biasanya seorang anak sudah mulai disekolahkan di lembaga pendidikan usia dini. Dalam perjalanan belajar si Kecil di sekolahnya itu, keberhasilan dalam mencapai penilaian tertentu dalam standar pendidikan wajar terjadi. Anak yang menonjol nilai-nilai akademiknya biasa disebut sebagai murid berprestasi.

Namun, tahukah Bunda? Prestasi bukan hanya terbatas pada pencapaian akademik di sekolah formalnya lho, Bu. Secara luas prestasi bisa diartikan sebagai suatu pencapaian atas suatu target pembelajaran tertentu. Pembelajaran non-akademik saat di rumah pun turut menjadi ajang pengembangan kemampuan dasar si Kecil. Jadi, anak yang terbukti rajin dan konsisten merapikan tempat tidur di pagi hari, menggosok gigi sebelum tidur, atau menabung di celengan tiap hari, bisa juga disebut sebagai sebuah prestasi.

Keterlibatan atau peran orangtua dalam proses belajar anak sangatlah penting. Hal tersebut tak lain agar si Kecil dapat memiliki perilaku belajar yang membangun dan positif. Salah satu stimulus yang dapat dilakukan orangtua adalah dengan melakukan pemberian hadiah (reward) ketika anak mencapai prestasi tertentu. Sebab nyatanya anak sudah mulai mengenal hadiah sejak umur tiga tahun kok, Bu.

Memberi hadiah atas prestasi si Kecil memiliki banyak manfaat lho, Bu. Yuk, cari tau di sini!

Tingkatkan Hubungan Anak dan Orangtua
Kegiatan pemberian hadiah pada si Kecil yang berprestasi secara tidak langsung turut menumbuhkan rasa cinta antara anak dengan orangtuanya. Hubungan Bunda dan si Kecil bisa makin lekat, hangat, dan harmonis. Kebahagiaan si Kecil saat menerima hadiah dan rasa bangga Bunda saat anak berprestasi menjadi jembatan penghubung yang mampu berikan kedekatan emosional lebih dalam serta kuat.

Baca Juga:  Penasaran Bagaimana Cara Membuat Kue Matsuba? Simak Di Sini!

Anak Bermental Juara
Ketika anak menerima hadiah atas prestasinya maka ia akan makin terdorong untuk menjadi versi terbaiknya. Anak makin bersemangat memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuannya agar tidak tertinggal dari teman-teman lain. Jiwa kompetitif atau jiwa bersaing si Kecil akan terpicu makin kuat. Alhasil si Kecil bisa menjadi pribadi yang pantang menyerah dan berputus asa. Mental anak kian diasah menjadi makin kuat, tidak mudah dipatahkan.

Tumbuhkan Kepercayaan Diri Anak
Hadiah yang Bunda berikan pada si Kecil adalah membuat anak merasa dihargai, termasuk untuk tiap usaha yang telah dilakukannya. Rasa dihargai yang dimiliki si Kecil akan menumbuhkan kepercayaan diri. Anak makin yakin dan mantap bahwa ketekunan, kesabaran serta perjuangannya mendapatkan perhatian yang layak dari orangtuanya. Anak yang percaya diri akan lebih mudah dalam menyerap pengetahuan dan menjadi pintar lho, Bu. Anak bisa makin berprestasi, deh!

Sebagai Motivasi Belajar si Kecil
Hadiah yang didapat dari Bunda dan Ayah dapat jadi bahan bakar penyulut motivasi belajar si Kecil agar mencapai target tertentu. Si Kecil akan makin giat belajar untuk mempertahankan prestasi yang telah ia capai. Pemberian hadiah juga membuat si Kecil semangat melakukan hal-hal baik, seperti berusaha terus untuk menyelesaikan sesuatu yang belum dicapai.

Latih Anak “Bekerja Keras”
Pemberian hadiah atas sebuah prestasi memberikan pembelajaran penting bagi si Kecil tentang makna bekerja keras. Yakni suatu target atau hal-hal yang diinginkan hanya bisa dicapai dan didapatkan dengan sebuah usaha. Pembelajaran seperti ini akan mendorong si Kecil untuk terbiasa mau berusaha.

Pupuk Jiwa Berbagi si Kecil
Pemberian hadiah untuk anak ternyata mampu membantu mengarahkan perilaku anak menjadi lebih positif dan membentuk kebiasaan baik. Memberi hadiah pada si Kecil menjadi media pembelajaran tak langsung agar ia tumbuh menjadi anak yang murah hati. Anak akan merekam dan belajar dari kebiasaan orangtua mereka. Wajar saja ada pepatah mengatakan: “Didikan yang terbaik adalah teladan.”

Baca Juga:  Mainan Kayu untuk Anak? Ini Manfaat Melatih Kecerdasan

Bagaimana mana Bu, banyak banget kan manfaat positif dengan memberi hadiah saat si Kecil berprestasi? Tapi tetap perhatikan ya Bu untuk memberi anak hadiah yang tidak berlebihan, cocok, dan bermanfaat yakni sekaligus sebagai media pengasah kecerdasan anak. Bunda bisa memberikan alat tulis, sepeda, meja belajar, buku cerita, lego, puzzle, alat lukis, kacamata renang, jam tangan, dll. Selain berbentuk barang, hadiah bagi si Kecil juga berupa liburan keluarga atau pujian tulus seperti kata-kata semangat, pelukan hangat, ciuman atau tos.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com