[9 Kandungan Nutrisi] Susu Terbaik untuk Bayi

Susu merupakan salah satu sumber gizi yang penting bagi bayi dalam masa pertumbuhan. Memilih susu terbaik untuk bayi adalah hal yang harus diperhatikan oleh para ibu. Susu yang baik untuk bayi harus mengandung 8 nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Berikut ini adalah penjelasan lebih detail mengenai masing-masing nutrisi tersebut.

1. Lemak
Lemak merupakan nutrisi penting yang harus ada dalam susu untuk bayi. Lemak berfungsi sebagai sumber energi bagi bayi dan membantu perkembangan otak. Pada susu bayi, terdapat asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang memiliki peran penting dalam perkembangan mental bayi.

2. Protein
Protein juga merupakan nutrisi penting yang harus ada dalam susu bayi. Protein berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh bayi, memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan sistem imun tubuh, dan mendukung perkembangan otak. Susu bayi sebaiknya mengandung protein whey yang lebih mudah dicerna oleh tubuh bayi.

3. Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi bagi bayi. Pada susu bayi, karbohidrat yang ideal adalah laktosa atau gula susu. Laktosa dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan bayi dan memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi.

4. AA dan DHA
AA (Arachidonic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid) adalah asam lemak tak jenuh yang sangat penting bagi perkembangan otak bayi. Kedua nutrisi ini membantu dalam pembentukan jaringan saraf, meningkatkan kesehatan mata, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi.

5. Zat Besi
Zat besi adalah mineral yang penting bagi tubuh bayi. Zat besi berperan dalam mengedarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, membentuk sel darah merah, dan menjaga kesehatan tubuh bayi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia pada bayi.

Baca Juga:  Lakukan Istirahat Cukup Demi Kesehatan Ibu dan Janin

6. Prebiotik FOS
Prebiotik FOS (Frukto Oligosakarida) adalah karbohidrat yang berperan dalam mendukung sistem imun tubuh bayi. Prebiotik FOS juga membantu dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus bayi, dan mengurangi jumlah bakteri jahat.

7. Kalsium
Kalsium adalah nutrisi yang penting untuk perkembangan tulang dan gigi bayi. Kalsium membantu dalam memperkuat tulang dan gigi, serta berperan dalam pembekuan darah dan transmisi impuls sel saraf.

8. Fosfor
Fosfor bekerja sama dengan kalsium untuk menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh. Fosfor juga penting dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat.

Selain itu, susu bayi juga sebaiknya mengandung vitamin D yang berperan dalam kesehatan tulang bayi. Vitamin D bekerja sama dengan kalsium dan fosfor untuk memperkuat tulang dan mencegah penyakit tulang.

Dalam memilih susu terbaik untuk bayi, penting untuk membaca label kemasan dan memastikan bahwa susu tersebut mengandung semua nutrisi di atas. Namun, ASI tetaplah asupan terbaik bagi bayi karena kandungan nutrisinya yang tidak dapat digantikan oleh susu formula manapun. Selama ibu masih dapat memproduksi ASI, sebaiknya tetap memberikan ASI kepada bayi.

Jadi, itulah penjelasan mengenai 8 nutrisi penting yang harus ada dalam susu terbaik untuk bayi. Memilih susu yang mengandung nutrisi tersebut akan memberikan dukungan yang baik bagi tumbuh kembang bayi.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com