6 Cara Menambah Berat Badan Anak yang Lebih Sehat

Cara Menambah Berat Badan Anak yang Sehat

Penuhi asupan makanan berprotein tinggi

Untuk menambah berat badan anak dengan sehat, penting bagi ibu untuk memperhatikan asupan makanan yang mengandung protein tinggi. Protein merupakan zat gizi makro yang berperan penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak, termasuk menambah berat badan. Beberapa sumber protein yang baik untuk anak antara lain susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, serta kacang-kacangan dan hasil olahannya. Bunda harus memastikan bahwa anak mendapatkan asupan protein yang cukup setiap harinya.

Konsumsi makanan berkalori tinggi

Selain protein, ibu juga perlu memperhatikan asupan kalori anak. Anak-anak membutuhkan kalori yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan kalori anak usia 1-3 tahun adalah sekitar 1350 kkal per hari. Jika ibu ingin menambah berat badan anak dengan sehat, ibu bisa menambahkan asupan kalori sebesar 500 kkal pada total kebutuhan kalori anak setiap harinya. Dengan begitu, anak akan mendapatkan tambahan kalori yang dibutuhkan untuk menambah berat badan.

Tambah asupan lemak

Lemak juga merupakan sumber kalori yang penting untuk menambah berat badan anak. Namun, ibu harus memilih lemak yang sehat, seperti lemak yang terdapat dalam minyak zaitun, minyak kanola, dan mentega. Lemak sehat ini bisa ditambahkan dalam makanan anak untuk memberikan tambahan kalori. Sebagai contoh, ibu bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kanola saat memasak makanan anak. Tambahan 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak kanola dapat meningkatkan jumlah kalori dalam makanan hingga 45-120 kkal. Bunda juga bisa memberikan saus krim atau keju leleh pada nasi, pasta, atau sayuran sebagai cara menambah berat badan anak dengan sehat.

Baca Juga:  7 Fakta Mengejutkan Tentang ASI

Tambah asupan karbohidrat

Karbohidrat juga merupakan sumber kalori yang penting untuk menambah berat badan anak. Bunda bisa memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti kacang polong, gandum utuh, sereal, roti, pasta, beras merah, dan tepung. Makanan-makanan ini mengandung kalori yang tinggi dan dapat membantu anak menambah berat badan dengan sehat. Selain itu, ibu juga bisa memberikan camilan tinggi karbohidrat kepada anak untuk menambah asupan kalori.

Berikan porsi makan lebih besar

Salah satu cara menambah berat badan anak adalah dengan memberikan porsi makan yang lebih besar. Namun, ibu perlu memastikan bahwa porsi makan yang diberikan tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan anak. Bunda bisa menambahkan porsi makan anak secara bertahap, agar anak terbiasa dengan porsi yang lebih besar. Sebagai contoh, ibu bisa menghidangkan 2 porsi roti lapis sekaligus dibandingkan hanya memberikan 1 lapis saja. Selain itu, ibu juga bisa menggunakan piring atau mangkuk yang lebih besar untuk memberikan makanan kepada anak.

Berikan makanan penambah berat badan

Selain makanan sehari-hari, ibu juga bisa memberikan makanan penambah berat badan kepada anak. Makanan ini mengandung lebih banyak kalori dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk menambah berat badan dengan sehat. Beberapa contoh makanan penambah berat badan anak antara lain kacang-kacangan, alpukat, kismis, dan yogurt. Bunda bisa mengolah makanan-makanan ini menjadi camilan atau tambahan dalam makanan sehari-hari anak.

Konsultasikan dengan ahli gizi

Jika ibu masih kesulitan menambah berat badan anak dengan sehat, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan ahli gizi. Ahli gizi dapat memberikan saran dan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi anak. Mereka juga dapat membantu ibu dalam merencanakan menu makanan yang sehat dan bergizi untuk anak.

Baca Juga:  50 Panggilan Sayang dari Anak untuk Orang Tua Laki-laki, Lucu dan Unik!

Dalam menambah berat badan anak, ibu perlu memperhatikan asupan makanan dan nutrisi yang seimbang. Selain itu, penting juga bagi ibu untuk menjaga pola makan anak agar tetap sehat dan aktif. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, ibu dapat membantu anak menambah berat badan dengan sehat dan optimal.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com