4 Resep ASI Booster Alami untuk Busui

4 Resep ASI Booster Alami untuk Busui

Bunda menyusui membutuhkan ASI booster alami untuk menjaga kualitas dan produksi ASI. Terutama saat si Kecil mulai memasuki fase MPASI. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa resep ASI booster alami yang dapat membantu meningkatkan kualitas dan produksi ASI. Tetapi sebelum kita membahas resep-resep tersebut, mari kita bahas mengapa ASI booster alami penting bagi Bunda menyusui.

ASI booster alami sangat diperlukan oleh Bunda menyusui, terutama saat si Kecil mulai memasuki fase MPASI. Pada fase ini, kebutuhan ASI si Kecil mulai berkurang karena sudah diselingi dengan makanan padat. Oleh karena itu, penting bagi Bunda menyusui untuk menjaga produksi ASI yang cukup agar si Kecil tetap mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

1. Daun Katuk
Daun katuk telah lama digunakan sebagai ASI booster alami. Daun katuk mengandung senyawa yang dapat merangsang produksi ASI. Bunda dapat mengkonsumsi daun katuk dalam jumlah yang cukup untuk mendapatkan manfaatnya sebagai ASI booster alami.

2. Edamame
Edamame adalah salah satu bahan makanan sehat yang dapat menjadi ASI booster alami. Edamame rendah kalori, bebas gluten, dan tidak mengandung kolesterol. Selain itu, edamame juga mengandung protein dan asam folat yang dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

3. Kurma
Kurma mengandung kalium yang dapat merangsang produksi ASI. Selain itu, kurma juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Mengonsumsi kurma secara teratur dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

4. Asparagus
Asparagus memiliki sifat estrogenik yang dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu, asparagus juga mengandung flavonoid dan saponin yang dapat meningkatkan dan menjaga sekresi ASI. Mengonsumsi asparagus dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan tekanan darah pada Bunda menyusui.

Baca Juga:  15 Rekomendasi Hotel dengan Family Room di Bali, Yogyakarta dan Surabaya

Selain itu, mengonsumsi ikan juga dapat menjadi ASI booster alami. Ikan mengandung protein hewani, omega 3, asam lemak, serta berbagai vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Selain mengonsumsi bahan-bahan di atas, Bunda juga dapat mencoba beberapa resep ASI booster alami berikut ini:

1. Banana Milkshake
Resep ini sangat mudah dan enak untuk dibuat. Bahan-bahannya antara lain daging buah pisang cavendish, es krim vanilla, susu Frisian Flag PRIMAMUM yang diseduh, dan ekstrak vanilla. Campurkan semua bahan tersebut dalam blender dan haluskan. Tambahkan topping whipping cream dan sajikan segera.

2. Smoothies Blueberry and Peanut Butter
Resep ini mengombinasikan blueberry beku, pisang beku, gandum atau oat, susu Frisian Flag PRIMAMUM yang diseduh, dan selai kacang. Campurkan semua bahan dalam blender dan hancurkan hingga halus. Sajikan dan konsumsi segera.

3. Lactation Cookies
Resep ini menggunakan mentega, gula pasir, brown sugar padat, susu Frisian Flag PRIMAMUM yang diseduh, flaxseed bubuk, telur, vanili, tepung terigu, baking soda, garam, oat, chocolate chips, dan brewer’s yeast. Campurkan semua bahan secara berurutan dan aduk hingga rata. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan panggang dalam oven selama 12 menit. Biarkan dingin sebelum disajikan.

4. Jus Kurma
Resep ini menggunakan buah kurma, air, dan susu Frisian Flag PRIMAMUM yang diseduh. Rendam buah kurma dalam air selama 8 jam, lalu masukkan ke dalam blender bersama susu dan air rendaman kurma. Blender hingga halus dan sajikan jus kurma.

Dengan mengonsumsi ASI booster alami dan mencoba resep-resep di atas, diharapkan produksi dan kualitas ASI Bunda dapat meningkat. Namun, penting juga bagi Bunda untuk tetap menjaga pola makan yang seimbang dan mengonsumsi asupan nutrisi yang cukup untuk memastikan kualitas dan kuantitas ASI yang optimal.

Baca Juga:  Mengetahui Manfaat Vitamin C untuk Anak dan Sumber Makanannya

Selain itu, jika Bunda atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan untuk memberikan ASI, Bunda dapat memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Pastikan memilih susu formula yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Jadi, bagi Bunda menyusui, jangan ragu untuk mencoba ASI booster alami dan resep-resep di atas. Selamat mencoba dan semoga ASI Bunda semakin berkualitas dan si Kecil tumbuh sehat dan cerdas!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com