14 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh di Musim Pancaroba

14 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh di Musim Pancaroba

Pada masa pancaroba, meningkatkan imun tubuh sangatlah penting, terutama bagi anak-anak. Sistem imun yang belum sempurna pada anak membutuhkan dukungan dari asupan makanan agar tidak mudah terkena penyakit yang mungkin terpapar dari lingkungan sekitar. Asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari dapat mempengaruhi kesehatan seseorang, termasuk daya tahan tubuh.

Untuk meningkatkan imun tubuh, terdapat beberapa asupan nutrisi penting yang perlu dipenuhi, antara lain protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Keseimbangan dalam mengonsumsi zat-zat gizi ini sangatlah penting untuk optimalnya tumbuh kembang anak. Salah satu aspek penting dalam meningkatkan imun tubuh adalah adanya 9 asam amino esensial (9AAE) dalam makanan yang dikonsumsi anak.

9 asam amino esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang dapat diserap oleh tubuh untuk tumbuh kembang anak. Asupan 9 asam amino esensial (9AAE) sangatlah penting karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri, sehingga memerlukan bantuan dari sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya sebagai penambah imun tubuh.

Protein hewani, seperti yang terdapat pada susu, merupakan jenis protein yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan protein nabati. Protein nabati, seperti kacang-kacangan, sayuran, dan buah, memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik oleh tubuh. Oleh karena itu, protein hewani menjadi salah satu jenis penambah imun tubuh yang penting untuk dikonsumsi.

Selain itu, kebutuhan 9AAE juga harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar tumbuh kembang anak lebih optimal dan sebagai penambah imun tubuh. 9 jenis asam amino esensial meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Jika terdapat kekurangan dalam salah satu jenis asam amino esensial, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak.

Baca Juga:  Kumpulan Kata Nasehat untuk Anak Agar Patuh kepada Ibu

Penelitian dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan satu jenis 9 asam amino esensial (9AAE) dapat menurunkan kinerja hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 34 persen. Sementara itu, kekurangan semua jenis 9 asam amino esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 50 persen. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan imun tubuh.

Setelah mengetahui pentingnya asupan nutrisi dalam meningkatkan imun tubuh, sekarang kita akan membahas beberapa jenis makanan yang dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Berikut adalah beberapa makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang bisa dikonsumsi anak setiap hari:

1. Susu
Susu merupakan sumber protein hewani dan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin dan mineral, yang dapat mengoptimalkan sistem imun anak.

2. Telur
Telur merupakan makanan yang mudah diberikan kepada anak dan kaya akan protein, asam lemak omega 3, vitamin, mineral, dan antioksidan yang melindungi tubuh dari risiko penyakit.

3. Ikan Salmon
Ikan salmon mengandung nutrisi penting, seperti vitamin D, asam lemak omega 3, dan protein, yang dapat meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan tulang serta perkembangan saraf otak.

4. Ikan Tuna
Ikan tuna mengandung protein tinggi, vitamin B-6, B12, D, zat besi, zat antiinflamasi, dan zat anti radikal bebas, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mata.

5. Daging Merah
Daging sapi tanpa lemak mengandung vitamin B3, B-6, B12, zinc, dan zat besi yang memperkuat sistem imunitas tubuh.

6. Daging Putih
Daging putih, seperti dada ayam, mengandung protein, vitamin B6, B12, E, zat besi, kalium, zinc, dan kalsium yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Baca Juga:  Nutrisi Penting di Masa Golden Years

7. Kacang Almond
Kacang almond mengandung protein nabati, vitamin E, zat besi, kalsium, serat, dan antioksidan yang bermanfaat untuk pertumbuhan, kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem imun.

8. Kacang Kedelai
Kacang kedelai mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin C, folat, kalsium, kalium, magnesium, zat besi, dan fosfor, yang membantu menjaga imunitas tubuh anak.

9. Yogurt
Yogurt yang tidak mengandung gula tambahan dan greek yogurt dapat menjadi sumber protein dan nutrisi lainnya yang membantu meningkatkan sistem imun anak.

10. Tempe dan Tahu
Tempe mengandung protein nabati, zat besi, kalsium, dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan pertumbuhan tulang. Tahu juga mengandung karbohidrat, lemak, fosfor, serat, dan kalsium yang baik untuk kesehatan anak.

11. Bayam
Bayam mengandung vitamin A, B2, B6, C, E, K, kalsium, mangan, tembaga, beta karoten, dan folat yang baik untuk tumbuh kembang anak dan melindungi tubuh dari penuaan dan kanker.

12. Brokoli
Brokoli mengandung vitamin A, C, E, serat, dan zat antioksidan lainnya yang membantu meningkatkan imunitas tubuh anak.

13. Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C yang memperkuat sistem imun dan meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan infeksi.

14. Jahe
Jahe mengandung zat antioksidan, anti radang, dan antibakteri yang melawan infeksi penyakit akibat virus, bakteri, dan kuman.

Itulah beberapa makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang bisa menjadi pilihan untuk anak-anak. Penting untuk memastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup agar sistem imun tubuhnya tetap optimal. Selain itu, perlu juga diingat bahwa makanan hanya salah satu faktor dalam meningkatkan imun tubuh anak. Faktor lain, seperti pola tidur yang cukup, olahraga teratur, dan kebersihan yang baik juga perlu diperhatikan.

Baca Juga:  Workshop Gizi Ultah Mamaku Koki Handal

Selamat mencoba memberikan makanan sehat dan bergizi untuk meningkatkan imun tubuh anak-anak di musim pancaroba ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Tetap jaga kesehatan dan semoga selalu dalam keadaan yang sehat dan bahagia.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com