8 Fakta Menarik Soal ASI yang Perlu Diketahui


Bisa bikin pengeluaran hemat hingga jutaan rupiah
Memberikan ASI pada bayi tidak hanya bermanfaat untuk kebutuhan gizi dan nutrisi, tetapi juga dapat menghemat anggaran belanja. Memberikan ASI tidak memerlukan modal yang banyak, sementara jika menggunakan susu formula, modal yang dikeluarkan bisa mencapai jutaan rupiah per bulan. Sebagai contoh, jika kita memilih susu formula seharga Rp 300.000 per kaleng dan akan habis dalam satu minggu, maka dalam satu bulan, biaya susu formula akan mencapai Rp 1.200.000. Tentu lebih baik jika uang tersebut digunakan untuk membeli barang-barang yang bermanfaat atau dapat membuat kita bahagia.

Komposisi ASI akan selalu berbeda
Kandungan ASI setiap harinya akan berbeda-beda, oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi makanan bergizi agar kandungan nutrisi dalam ASI semakin baik. ASI terbagi menjadi 3 jenis, yaitu kolostrum yang keluar pada 0-7 hari setelah melahirkan, susu transisi yang keluar pada hari ke-7 sampai ke-10, dan susu mature. Komposisi dari ketiga jenis ASI ini berbeda satu sama lain. Kolostrum mengandung 1-3 juta leukosit (sel darah putih) dalam 1 ml ASI. Saat bayi baru lahir, ususnya masih belum sempurna dan memiliki lubang-lubang. Kolostrum ini berperan dalam menutupi lubang-lubang tersebut dan hanya bisa ditemukan dalam ASI.

NgASI punya prinsip dasar ekonomi
Pada zaman dulu, banyak ibu yang menganggap bahwa ASI tidak dapat membuat bayi kenyang dan berpikir bahwa ASI mereka “kering”. Pada dasarnya, prinsip dasar ekonomi berlaku dalam pemberian ASI. Jika ada permintaan, maka pasokan ASI akan tetap mengalir dan berlimpah. Namun, jika tidak ada permintaan, maka pasokan ASI akan berkurang dan bahkan habis.

ASI menurunkan angka kematian bayi
Melalui pemberian ASI eksklusif, MPASI, dan ASI yang dilanjutkan hingga 2 tahun, risiko kematian pada bayi dapat dikurangi. Menurut Mia Sutanto, seorang motivator ASI, hal ini telah dibuktikan dalam sebuah seminar yang pernah dihadirinya.

Baca Juga:  Vitamin Tanaman yang Bisa Kita Buat Sendiri

ASI tidak berpengaruh pada ukuran payudara
Ukuran payudara tidak memiliki hubungan dengan kemampuan produksi ASI. Setiap payudara memiliki jumlah kelenjar susu yang sama, yaitu sekitar 80-100 kelenjar susu pada setiap payudara. Jadi, tidak perlu khawatir jika memiliki payudara kecil, karena kemampuan produksi ASI tidak tergantung pada ukuran payudara.

ASI lebih banyak keluar dari salah satu payudara
Beberapa ibu menyusui lebih sering menggunakan salah satu payudara dibandingkan payudara lainnya. Hal ini dapat membuat payudara yang sering digunakan menjadi lebih kosong dibandingkan payudara lainnya. Namun, menurut penelitian, sekitar 75% ibu menyusui di dunia memproduksi lebih banyak ASI di payudara sebelah kanan. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh kebiasaan dan kenyamanan pribadi masing-masing ibu.

NgASI menangkal berbagai penyakit dan meningkatkan IQ
ASI memiliki nutrisi yang sangat baik dan dapat membantu menangkal terjadinya infeksi saluran napas, infeksi telinga, pneumonia, infeksi saluran pembuangan, diare, dan influenza pada bayi. Selain itu, penelitian dari Harvard University menunjukkan bahwa anak yang diberikan ASI memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik pada usia 3 tahun dan skor IQ yang lebih tinggi pada usia 7 tahun dibandingkan dengan anak yang tidak diberikan ASI.

ASI tidak berubah jadi darah
Ada anggapan bahwa ASI yang dijemur akan berubah menjadi darah. Namun, hal ini tidak benar. Saat dijemur, warna ASI mungkin akan berubah karena reaksi kimia antara kandungan vitamin dan unsur dalam ASI, tetapi ASI tetap merupakan cairan susu yang bergizi dan tidak berubah menjadi darah.

Dalam rangka merayakan Pekan ASI Sedunia, penting bagi kita semua untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya pemberian ASI eksklusif. Dalam hal ini, saya berharap bahwa artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan memotivasi para ibu untuk memberikan ASI kepada bayi mereka.

Baca Juga:  Frisian Flag Primamum, Nutrisi Lengkap untuk Kebaikan Janin dan Ibu


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com